Monday, February 12, 2018

NeuroSains : Perbedan Otak Laki-Laki Dan Perempuan

Sport_Medicine_Online

Oleh : dr. Aisyah Dahlan
(Cuplikan Islam Itu Indah, 29 Aprl 2017)

Masalah Komunikasi antara laki-laki dan perempuan kadang bisa menjadi masalah yg serius, sehingga mengakibatkan banyak riset dari Neurosains antara beda Otak laki-laki dan perempuan. Pada Dasarnya otak manusia terbagi dua ada pada bagian kiri dan pada bagian kanan terbaginya persis dbelahan hidung keatas, tidak ada kaitannya dengan model rambut bela pinggir.

Ada Anatomi otak yang ditengah namanya Corpus Colosum, biasanya corpus colosum wanita lebih tebal daripada pria, tebalnya sekitar 30% untuk wanita daripada laki-laki. Karena lebih tebal itulah maka wanita dapat mengerjakan ssatu pekerjaan dalam satu waktu, anda sering begitu ???. Masak, nyuci piring, kaki ngepel, balas wa dan lainnya. Itu karena otak perempuan lebih tebal 30%, perempuan sering merasa bahwa dia multi tasking padahal memang fitrahnya sebagai perempuan.

Laki-laki karena lebih tipis 30% pada bagian corpus Colosum maka laki-laki itu kalau menngerjakan sesuatu didepannya maka akan sangat cepat konsentrasi dan mengakibatkan pendengarannya menurun, sehingga inilah yg membuat pria apabila mengerjakan sesuatu hal didepannya stelah lebih dari 10 menit maka dia tidak akan mendengar apa yg wanita ktakan, apa yg wanita sampaikan padanya. 

Ini yang kadang membuat pertengkaran antara suami dan istri, jadi kadang kalau ibu panggil suami yg lagi baca Koran dan nonton tv berapa kali panggilnya ? “ Berkali-kali kan. Apa rasanya ibu, kesal dan marah kan?, padahal bukan suami tidak mau mendengar tapi memang mereka sedang konsentrasi sehingga pendengaran menurun.

Menurut dr. Aisyah Dahlan bahwa para suami juga sering curhat kebeliau jika ada sesi curhat, mereka para suami bingung kenapa kalau istri-istri panggil para suami matanya melotot, kenapa ??.  Karena suami tidak tau bahwa itu sudah panggilan ketiga  sehingga matanya melotot. Perempuan cantik itu dipanggilan pertama. “Mas (panggilan pertama)masih cantik kan, Dia tidak dengar karena sedang konsentrasi, “Mas (panggilan kedua) tidak dengar lagi, Maaaas (panggilan ketiga), dan pas nengok sudah mulai melotot. Itu kenapa sih kalau manggil pas melotot. Dan itu membuat suami tambah kesal dan menganggap diri percuma melakukan sesuatu. 

Ini yang harus banyak diingat dan dipelajari juga karena ini juga nanti akan menyelematkan, Seperti yg ustad maulana bilang bahwa perempuan itu cerewet dan sebagainya dan itulah adalah betul. Risetnya adalah otak bicara perempuan beda dengan otak bicaranya laki-laki. Otak biacara laki-laki programnya ada diotak belahan kiri saja sedangkan perempuan ada di otak belahan kiri,kanan dan belakang. Karena hanya di otak belahan kiri maka pernah dihitung –hitung oleh ilmuan, dalam sehari  rata-rata komunikasinya hanya 7000 ribu. Pria pendiam 5000 sedangkan yang aktif  dan wataknya pembicara 7000 bahkan bisa sampai 9000. 

Wanita karena otak bicaranya kiri,kanan dan depan, maka bisa dihitung-hitung maka rata-rata komunikasinya seorang wanita 20.000. dan yang pendiam sekitar rata-rata 16.000. Yg sering membuat konflik adalah disini, membuat wanita sering kessal sama suaminya, masalahnya adalah komposisi bahasa yang sangat berbeda 7000 dan 20.000. Makanya kalau wanita Wa suaminya panjang lebar dan hanya dijawab OK, marah padahal tidak usah marah. Karena memang ada perbedaan.

“Semoga Bermanfaat”
(Posted By Admin)

Share this

0 Comment to "NeuroSains : Perbedan Otak Laki-Laki Dan Perempuan"

Post a Comment