Sunday, January 27, 2013

Sumber Energi Makanan



Karbohidrat,lemak, protein, vitamin , mineral dan air merupakan hal yang sangat penting dalam diet. Karbohidrat, lemak, dan protein, disebut sebagai nutrisi energi karena mereka digunakan sebagai bahan bakar makanan selama proses metabolisme.
Karbohidrat yang sederhana ( Monosakarida ) dan yang Komplex ( polisakarida ) adalah gula. mereka disimpan didalam otot dan hati sebagai glikogen dan yang ditemukan didarah adalah glukosa darah. Glikogen dan glukosa darah adalah merupakan dua bentuk bahan bakar makanan karbohidrat.
Lemak ditemukan dalam tubuh sebagai trigelisirida, pospolipid, dan kolesterol. Trigelisirida disimpan di dalam otot rangka dan dalam sel-sel lemak dan terdiri dari gliserol dan asam lemak ( FA ) .Asam Lemak (FA ) adalah bentuk bahan bakar makanan. ketika atom karbon dari asam lemak (FA) secara kimiawi  jenuh dengan atom hidrogen maka mereka disebut sebagai asam lemak jenuh; tapi ketika mereka tidak jenuh, maka mereka disebut sebagai asam lemak tak jenuh. konsumsi sejumlah besar lemak jenuh tidak dianjurkan.
protein memainkan peran yang lebih terbatas sebagai bahan bakar makanan. mereka terdiri dari agregat dari asam amino dan blok pembentukan jaringan. Terdapat dua puluh dua asam amino yang berbeda dalam tubuh, sembilan yang disebut sebagai asam amino esensial.  Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh tubuh; sebagai akibatnya satu-satunya sumber adalah melalui diet. Bertentangan dengan kepercayaan populer, kebutuhan protein selama latihan yang berat dan latihan hanya cukup meningkat pada orang dewasa dan biasanya dapat dipenuhi oleh diet rata-rata.
vitamin merupakan bagian terpenting dari enzim dan koenzim yang penting untuk metabolisme lemak dan karbohidrat. Namun demikian, sekali lagi bertentangan dengan kepercayaan popular, suplemen vitamin di atas kebutuhan minimum tidak meningkatkan kinerja dalam olahraga.
Kekurangan mineral jarang terjadi saat ini. Mineral-satunya yang mungkin perlu suplemen selama latihan kronis dan training adalah zat besi dan kalsium dalam beberapa atlet perempuan saat ini.
Perbedaan terbesar dalam kebutuhan makanan untuk atlet dibandingkan nonatlet adalah dalam jumlah kalori yang dikonsumsi, Seorang atlet akan membutuhkan lebih banyak jumlah kalori. makanan sebaiknya dipilih setiap hari dari dari kelompok makanan berikut : (1). Susu, (2). Daging, (3). Sereal, dan (4). Sayuran dan buah-buahan. atlet yang membutuhkan suatu asupan kalori harian yang besar mungkin perlu untuk makan lima atau enam kali per hari.
karbohidrat seharusnya menjadi unsur utama makanan pra pertandingan dan harus dikonsumsi selambat-lambatnya 2 1/2 jam sebelum kompetisi berlangsung. buah-buahan, sayuran yang dimasak, makanan penutup gelatin, dan ikan juga mungkin disertakan dalam makanan pra pertandingan.
Sejumlah besar gula dalam bentuk cair dan pil harus dihindari 30 sampai 45 menit sebelum latihan dimulai. jumlah besar tersebut benar-benar menyebabkan glukosa lebih sedikit akan tersedia dan menyebabkan deplesi lebih cepat dari tempat penyimpanan glikogen otot. Dan hasilnya adalah kelelahan dini.  
selama latihan ketahanan yang berkepanjangan (beberapa jam atau lebih), beberapa glukosa cair sebaiknya menyerap konsentrasi glukosa, Namun demikian, tidak boleh lebih dari 10 gram per 100 ml cairan karena penyerapan yang berasal dari perut akan dihalangi oleh konsentrasi yang lebih tinggi dari glukosa. konsumsi konsentrasi yang seperti glukosa cair mencegah kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia) dehidrasi, dan penundaan kelelahan.

Asupan air selama latihan ketahanan sangat dianjurkan, tetapi tidak boleh melebihi 800 ml per jam karena ini adalah tingkat maksimum yang dapat mengosongkan perut selama latihan.
penyimpanan glikogen otot bisa sangat meningkat dengan diet atau latihan dengan beberapa prosedur. Penyimpanan glikogen paling besar dapat diperoleh pertama oleh menipisnya  glikogen otot mereka melalui latihan, kemudian mengkonsumsi makanan rendah-karbohidrat (yaitu, tinggi lemak dengan protein) selama beberapa hari. Ini kemudian diikuti dengan konsumsi makanan tinggi karbohidrat untuk 2 atau 3 hari tambahan. prosedur yang lebih pendek dari 3 hari latihan pada diet campuran diikuti oleh 3 hari pembebanan karbohidrat sama-sama efektif dan sekarang banyak disukai oleh atlet yang punya ketahanan. Namun demikian, kelebihan beban otot dengan glikogen dapat mengakibatkan perasaan berat serta kekakuan pada otot. akibatnya, praktek semacam ini tidak dianjurkan bagi serang pelari atau mereka yang atlet yang berpartisipasi dalam acara yang berdurasi singkat (30 menit atau kurang). Efek samping lain yang mungkin termasuk myoglobinuria (mioglobin dalam urin), nyeri dada, dan perubahan elektrokardiografi.
diet tinggi lemak dan makanan lemak mungkin memiliki beberapa manfaat potensial untuk kinerja ketahanan, tetapi ini sebanding dengan masalah kesehatan dan keselamatan. oleh karena itu, praktek-praktek saat ini tidak dianjurkan.

 ( The late. Edward Fox )


Share this

14 Responses to "Sumber Energi Makanan"

  1. A fishfinder is a device utilized to find schools of fish.

    ReplyDelete
  2. A fishfinder is a device utilised to find schools of fish.

    ReplyDelete
  3. For maximum depth, use decrease frequencies.

    ReplyDelete
  4. Great delivery. Great arguments. Keep up the amazing work.

    ReplyDelete
  5. JRC PLOT 500 Marine chartplotter fishfinder.

    ReplyDelete
  6. A fishfinder is a device utilised to locate schools of fish.

    ReplyDelete
  7. All in 1 app. I love this fishfinder.

    ReplyDelete
  8. I am curious to find out what blog platform you're working
    with? I'm having some minor security issues with my
    latest blog and I'd like to find something more risk-free.
    Do you have any recommendations?

    ReplyDelete
  9. Selling a portable Hummingbird Fishfinder.

    ReplyDelete
  10. A fishfinder is a device utilized to locate schools of fish.

    ReplyDelete
  11. I adore this fishfinder. Outstanding job. All in one particular app.

    ReplyDelete
  12. DAEWOO SPLIT AC Difficulty = No remote operation.

    ReplyDelete
  13. Hi there, I desire to subscribe for this blog to take most recent updates, therefore where can i do it please help out.

    ReplyDelete